Berapa Biaya Mengelola Blog WordPress Pertahun?

Jadi blog www.nonakoper merupakan blog kedua saya dari www.diarysivika.com. Untuk tema blog saya sebenarnya sama, nggak jauh-jauh dari yang namanya Lifestyle, Food and Travel. Namun saya akan menambah dengan topik seputar Parenting.

Perbedaan dari kedua blog saya terletak dari penyedia blog yaitu www.diarysivika.com dari blogspot sedangkan www.nonakoper dari wordpress. Baik tampilan blogspot dan wordpress ini berbeda banget ya jadi saya perlu adaptasi menyesuaikan ketika mau nulis, upload gambar dan juga semua settingannya. Efek terlalu cinta blogspot jadi pindah ke wordpress memang berat banget hehehehhe

Tapi yang saya sukai dengan wordpress adalah templatenya cakep-cakep dan banyak plugin yang nggak ada di blogspot. Pasti pada tahu kan kalau template blogspot itu kuno.

Hitung Pengeluaran Mengelola WordPress Pertahun

Kenapa NonaKoper Memilih WordPress

Sebenarnya saya cinta mati yang namanya blogspot. Namun pada akhir tahun lalu www.diarysivika.com pernah dihack dan kembali dihack lagi pada bulan ini. Untung masalah selesai dan traffic kembali seperti semula.

Hanya saja setelah kejadian dihack tersebut saya baru tahu kalau banyak orang dan jasa perbaikan website lebih paham menggunakan wordpress, bahkan ada yang heran oh blogspot masih ada ya hehehehe…

Lalu saya berpikir untuk membuat blog lagi dengan wordpress bukan blogspot. Saya juga langsung berlangganan domain dan baru tahu kalau biaya mengelola blog wordpress lebih mahal dibandingkan dengan blogspot.

Jadi Berapa Biaya Mengelola Blog Pertahun?

Memang www.nonakoper ini belum ada setahun, namun saya sudah bisa memperkirakan biayanya karena sudah ada rincian berlangganan domain, Whoist dan juga hosting.

Berlangganan Domain Rp. 120.000,-/tahun

Ini bukan sponsored post ya…tapi saya mau menjelaskan kalau saya berlangganan domain di DewaWeb yang mengenakan biaya domain pertahun yaitu Rp. 120.000,-

Berlangganan domain bisa langsung melalui wordpress beserta domain dan hostingnya tapi saya lebih memilih di dewaweb karena setelah saya hitung berlangganan di wordpress langsung lebih mahal.

Memilih hosting Rp. 40.000,-/bulan

Berlangganan hosting merupakan pengalaman baru saya setelah memiliki blog di wordpress ini. Kalau di blogspot untuk berlangganan Top Level Domain (TLD) tidak wajib memiliki hosting karena bisa dapat gratis hosting dari google. Namun jika wordpress pengen dijadikan .com maka wajib berlangganan hosting.

Saya memilih paket storage 2GB dan memory 256 MB dengan biaya Rp. 40.000,- bulan. Sebenarnya kalau mau lebih murah ada paket 4480rb hosting + gratis domain. Tapi saya memilih yang 40.000,- bulan supaya bisa dicicil hehehe…

Berlangganan Whoist Rp. 40.000,-

Whoist merupakan informasi terkait pemilik domain meliputi alamat rumah, no telepon, alamat email, kapan domain ini di daftarkan dan kapan domain ini akan expired.

Kebetulan saya trauma pernah tidak berlangganan whoist www.diarysivika.com. Pembaca saya tiba-tiba bisa WA saya tanya macem-macem padahal saya tidak menampilkannya di blog, namun pembaca bisa browsing tentang data whoist di google. Lebih ngerinya lagi saya pernah dikirimi paket oleh-oleh karena berterima kasih sudah menulis blog dan menjadi panduannya selama traveling.

Ya kalau paketnya berupa oleh-oleh saya sih bisa senyum-senyum tapi kalau tiba-tiba datang ke rumah kan repot. Jadi whoist ini menurut saya wajib banget.

Total Biaya Mengelola Blog WordPress Pertahun

Domain Rp. 120.000,-/tahun

Hosting Rp. 480.000,-/tahun

Whoist Rp. 40.000,-/tahun

Jadi totalnya yaitu Rp. 640.000,-

Wah jadi gimana mahal nggak mengelola blog pertahun? Kalau belum bisa di monetize terasa mahal, tapi kalau bisa di monetize saya yakin biaya di atas tidak akan terasa. Oke, selamat membuat blog ya…

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Looking for Something?