Kursus Bahasa Inggris di Eye Level

Pernah dengar tentang tempat kursus bahasa inggris dan Matematika “Eye Level”? Hmm pasti yang lebih familiar yaitu KUMON? Jadi sebenarnya tempat kursus Eye Level dan Kumon ini hampir mirip, bedanya kalau Kumon dari Jepang dan Eye Level dengan metode dari Korea. Pastinya nih keduanya adalah tempat kursus dengan konsep Franchise.

Eye Level vs Kumon

Dulu anak saya pernah kursus di KUMON dari umur 4 tahun hingga dia di kelas 3 SD di level F. Lalu setahun lalu dia berhenti KUMON karena nggak sanggup dengan PR yang wajib dikerjakan tiap hari. Pun saya juga sudah nggak sanggup teriak-teriak supaya dia mengajarkan PR. Salah satu alasan utama keluar dari KUMON karena banyak banget muridnya sehingga konsepnya lebih pada pemahaman dan membaca atau ilmu “kira-kira”.

Tapi dari KUMON lah anak saya bisa bahasa Inggris dan pernah nih waktu di Bali dia main sama teman-teman bule yang ngomong bahasa Inggris cas cis cus… Alhamdulilah setiap terima raport bahasa Inggris dari dia kelas 2 SD sampai dia kelas 4 SD selalu mendapat nilai 10. Ya meskipun matematika diangka 7 dan 8, bahkan pernah 6.

Oke intinya KUMON juga bagus tapi harus sanggup mengerjakan PR nya…

Tentang Eye Level

Akhirnya saya takut nih bahasa Inggrisnya lupa karena nggak diasah tiap hari. Lalu saya browsing dan lihat ada Eye Level. Kebetulan juga Eye Level ini baru buka dikompleks saya sekitar pertengahan Juli 2020 yang lalu.

Sebelum memulai kursus ada trial sebanyak dua kali gratis. Trial tersebut juga menentukan levelnya. Tes pertama anak saya dapat level di D1 atau di tingkat Eelementary.

Biaya pendaftarannya yaitu Rp. 200.000. Namun khusus di bulan Agustus ini gratis. Biaya kursus yaitu Rp. 300.000 untuk Matematika dan Bahasa Inggris Rp. 350.000. Pembayaran langsung dimuka, jadi bukan kursus dulu baru bayar ya. Setiap sesinya sekitar satu jam-an tergantung dia berapa lama mengerjakan bookletnya.

Perbedaan dari KUMON dan Eye Level adalah di Eye Level ini tidak ada PR yang dibawa pulang. Lembar Kerja atau istilahnya di Eye Level adalah Booklet yang total halamannya 16 lembar dikerjakan di tempat kursus. Setelah mengerjakan baru diterangin tuh sama teachernya.

Konsep yang saya sukai dari Eye Level adalah anak diterangin dulu sampai bisa dan benar-benar paham sesuai dengan levelnya. Selain itu juga ketika membaca dieja terlebih dahulu agar pelafalannya benar-benar sesuai dengan grammar. Lalu anak akan dilatih kreatifitasnya untuk mengarang atau membuat karya tulis.

Tujuan saya memili Eye Level agar dia Bahasa Inggris sampai dewasa. Jadi tidak hanya fokus agar nilai di sekolah bagus dalam waktu singkat.

Berapa Lama Bisa Menyelesaikan Semua Level di Eye Level?

Pertanyaan penting yang pertama kali saya tanyakan ke Teachernya yaitu berapa lama anak saya bisa lulus di Eye Level dan sekalian dalam hati saya menghitung biaya kursus yang harus saya keluarkan hahaha…

Ini untuk levelnya :

Setiap Levelnya ada 20 booklet yang harus dikerjakan. Normalnya sih per level sekitar 3 bulan dikerjakan. Bahkan kalau anak mampu dia bisa mengerjakan dua booklet sekaligus jika mau. Sekali lagi tidak ada PR ya, booklet ga boleh dikerjakan di rumah.

Nah bisa dilihat kan kalau anak saya di Level D maka masih ada 8 level lagi untuk lulus atau 2,5 tahun lagi wkwkwk.

Oia kalau di KUMON kan setiap level nanti dapat buku baru beserta CDnya. Sedangkan di Eye Level ini tanpa ada CD, jadi anak atau orang tuanya akan diberikan id khusus di email untuk akses ke website eyelevel. Jadi dengerinnya langsung di websitenya.

Memang belum sebulan sih anak saya di Eye Level jadi saya belum tahu pasti perkembangannya. Nanti kalau sudah habisin satu level akan saya review lagi.

Dibandingkan dengan bahasa Inggris, Eye Level ini matematikanya lebih laris. Mungkin banyak orang tua yang beranggapan Matematika jauh lebih penting dibandingkan Bahasa Inggris. Namun karena anak saya nggak tertarik les Matematika jadi saya juga nggak memaksakan dia. Lagian juga kalau harus les keduanya, uangnya juga berat.

Artikel ini merupakan pengalaman saya pribadi, jadi bukan sponsored post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Looking for Something?