Ayam Panggang Bu Setu yang Fenomenal di Magetan

Jika anda singgah kedaerah Magetan, lalu bertanya kuliner khasnya, pasti anda akan diberi jawaban “Ayam Panggang Bu Setu yang Fenomenal”. Bahkan yang membuat saya kagum, kuliner khas itu tak selalu identik dengan tempat strategis, seperti ayam panggang Bu Setu Gandu terletak di Desa Krajan, Gandu yang lokasi nyempil seperti labirin. Tapi kecanggihan GPS membuat orang tak susah mencari ayam panggang magetan ini.

ayam panggang bu setu magetan

Lokasi Ayam Panggang Bu Setu

Ketika memasuki Desa Krajan, Gandu, Magetan, ada beberapa sentra warung ayam panggang. Namun ayam panggang Bu Setu lah yang menjadi pelopor berdirinya Ayam Panggang di sana. Untuk rasa ayam panggang disekitarnya saya tidak tahu enak atau tidaknya karena memang saya hanya mencoba Ayam Panggang Bu Setu saja. Lain kali saya juga akan mencoba pesaingnya yaitu Ayam Panggang Miroso Suryani yang katanya sama-sama enak.

Ayam Panggang Bu Setu berkonsep lesehan di dalam rumah dengan tikar. Di dalam rumah ini kita bisa duduk beserta rombongan tanpa ada meja ataupun nomor. Konsep pemesanan makanan jika sedang ramai-ramainya yaitu langsung didapur lalu setelah itu bisa duduk lesehan yang diinginkan.

Menu Ayam Panggang Bu Setu

Waktu saya ke sana, Ayam Panggang Bu Setu sedang ramai-ramainya. Maklum saja kala itu New Normal baru saja diterapkan, banyak pengunjung yang kangen dengan suasana kulineran diluar rumah. Di Ayam Panggang Bu Setu ada 2 pilihan ayam panggang, yaitu ayam panggang Bumbu Rujak dan Ayam Panggang Bumbu Bawang.

                                                            Kiri : Ayam Panggang Bumbu Rujak Kanan : Ayam Panggang Bumbu Bawang

Pengennya sih saya memesan 1/2 ekor untuk 2 rasa yang berbeda. Ternyata nggak boleh, kalau memesan 2 rasa harus memesan per ekor, akhirnya kami memesan ayam 2 rasa dengan ukuran kecil karena kami hanya 2 orang dewasa dan satu anak kecil.

Dalam satu porsi ayam panggang tersebut sudah termasuk paket lengkap untuk urap-urap, sambal terasi tomat dan lodeh botok yang diletakkan di mangkok.

Tak lama pesanan kami datang. Takjub juga melihat porsi 2 ayam yang sudah dipotong-potong dan diletakkan full diatas mangkok. Semua ayam panggangnya diberikan bumbu melimpah, bahkan ayam panggang dibagian dalamnya tampak putih tanpa ada darah merah, dan sudah pasti bumbunya meresap sempurna hingga kedalam dagingnya.

Dari 2 rasa ayam panggang yang bumbu rujak dan bumbu ayam panggang bumbu bawang, saya lebih suka yang bawang tapi suami suka yang bumbu rujak karena lebih manis. Memang kembali  berdasarkan selera, makanya kami niat banget pesan ayam 2 rasa. Ya, meskipun nggak mungkin dihabiskan tapi sisanya saya bawa pulang.

Untuk harga saya lupa harga pasti perekornya, yang saya ingat 2 ekor ayam panggang dengan paket lengkap dan es teh 4, krupuk. Totalnya sekitar Rp. 180.000.

Dibalik Dapur Ayam Panggang Bu Setu

Saya sempat berbincang dengan pegawai ayam panggang Bu Setu yang ada didapur. Wabah Covid-19 berpengaruh terhadap omzet dan jumlah pengunjung yang datang, sebelum ada Covid-19 sehari biasanya terjual hingga 400 ekor ayam panggang, lalu semenjak ada New Normal berangsur-angsur membaik dengan penjual sehari 250 ekor ayam panggang.

Untuk ciri khas yang dipertahankan dalam rasa ayam panggang, Bu Setu memiliki suplier hingga 3 pemilik yang berbeda. Selain itu yang digunakan adalah ayam kampung dara jadi bukan pejantan, sehingga dagingnya benar-benar empuk dan tidak alot.

Ayam yang sebelum dipanggang ini dipotong sendiri supaya Bu Setu bisa tahu ada penyakit atau nggak-nya di dalam daging ayamnya. Prosesnya memang benar-benar selektif sehingga memang rasanya tetap sama seperti pertama berdirinya tahun 1990. Pun saya juga melihat beberapa tungku yang mengepul membakar semua ayam panggang. Aroma ayam dengan bara api memang memiliki citarasa yang tiada tara.

Summary

Kalau ke Magetan jangan lupa mampir ke Ayam Panggang Bu Setu. Bahkan jika anda hanya melewati Magetan melalui jalur tol, keluar saja dari jalur tol. Dari pintu keluar tol, sekitar 3o-40 menitan akan sampai di Ayam Panggang Bu Setu.

Ayam Panggang Bu Setu

Jl. Karyausaha, RT.07/RW.01Desa, Krajan,

Gandu, Kec. Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Jam Buka :

Setiap Hari (07.00 – 21.00)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Looking for Something?