Sate Pak Jamil Mojokerto

Kulineran pecel dengan empal mungkin sudah mainstream yah. Di Kota Mojokerto ada kuliner yang sedikit berbeda yaitu nasi pecel menggunakan sate daging yang banyak difavoritkan pelanggan. Nah selama ini saya ke Mojokerto tahunya kulinernya cuma Nasi Pecel Mbak Toety dan Depot Anda saja.

Sate Pak Jamil lokasinya sangat strategis yaitu terletak tak jauh dari alun-alun kota Mojokerto. Jika kesana dikala jam makan siang atau weekend maka siap-siap antri. Selain tempat duduknya yang terbatas, direstoran ini seringnya dijadikan jujugan traveler dari luar kota.

Menu Warung Sate Pak Jamil

Menunya apa saja? Menu spesialnya tentu saja sate daging. Pertusuk sate daging harganya sekitar 9ribuan. Biasanya pengunjung nggak cukup satu tusuk, tapi minimal dua, atau bahkan 4. Sate tersebut disandingkan dengan menu pilihan nasi pecel, nasi sayur sop atau nasi sayur asem. Kalau rawon juga ada, tapi kayaknya nggak cocok kalau pake sate daging, enaknya pake empal.

Seporsi nasi pecel + sate daging 2 tusuk seharga 24ribuan. Begitu pula sayur sop dengan dua sate daging nggak jauh beda harganya. Intinya sih kalau makan disana siapin sekitar 30 ribuan perorang dengan minumnya.

Dibalik Dapur Sate Pak Jamil

Saya sempat wara-wiri didapur Pak Jamil. Mau nanya tapi pada sibuk nusukin sate hahaahaha… Jadi Sate Pak Jamil tuh menggunakan sate daging sapi yang gede-gede banget. Ukurannya yang beda jadi jangan dibandingkan sama sate ayam keliling yang harus pesan 10 tusuk.

Jadi satenya tuh menggunakan sate daging yang dipotong kotak-kotak daging 4 tusuk. Lalu diguyur sama bumbu kacang dan dibakar pake arang.

Menu Sayur Sop + Sate Daging dan Pecel + Sate Daging

Saya pernah makan dengan menu yang sama dengan Sate Pak Jamil ini seperti di Sate Gebug yang ada di Malang, lokasinya disebelahnya Mc. D. Dari rasa dan penampilannya juga mirip.

Tim pecel tentu saja mas suami. Nasi dengan sayur kacang, ketimun, kangkung dan kemangi, lalu disiram dengan kuah kacang. Nggak pake rempeyek tapi pake krupuk. Selanjutnya tentu saja ada si sate yang ukurannya menul-menul.

Sate dagingnya memang beda ya. Buat yang nggak punya gigi-pun “nggigit” satenya dijamin langsung protol. Saking empuknya bikin satenya mudah banget terkoyak. Disenggol dikit pake sendok saja tanpa kekuatan ekstra langsung “protol”.

Udah deh saya nggak bisa berkata-kata mengungkapkan kelezatan rasa dari Sate. Mas suami sampai manggut-manggut menikmati keempukan sate. Pun bumbunya meresap sempurna kedalam daging. Jangan harap akan ada warna yang masih merah didaging karena sate dibakar dengan kematangan yang sangat sempurna. Lalu jangan lupa guyurin satenya pake kecap manis..kalau kami memang kurang manis 🙂

Saya memesan sayur sop. Rasa sopnya memang seperti yang saya bikin dirumah, dan memang kuah kaldunya terasa. Yang bikin nikmat tentu saja lagi-lagi si satenya.

 

Jangan lupa perhatikan jam bukanya. Sate Pak Jamil Mojokerto ini nggak buka di sore maupun malam hari. Paling aman sih datang pagi atau kalau malas antri ya sebelum jam makan siang. Kalau sedang ramai-ramainya biasanya tempat duduk kita akan diintai sama pengunjung lainnya. Ya sadar diri aja kalau sudah kenyang monggo melipir dan bayar satenya. Btw ada yang punya referensi kuliner Mojokerto lagi?

 

Sate Pak Jamil

Jl. Veteran Depan Alun Alun Mojokerto,

Kota Mojokerto, Jawa Timur

Jam Buka :

08.00 – 14.00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Looking for Something?